Skip to main content

Ikan Buntal Air Tawar

Ikan Buntal Air Tawar
Level Perawatan: Tingkat Lanjut 
Temperamen: Agresif 
Bentuk Warna: Beragam 
Umur: 10 tahun atau lebih 
Ukuran Ikan : 2 – 60 cm 
Suhu : 23 ° - 25 ° C 
pH : 7,0-7,6 
Makanan : Omnivora 
Keluarga : Tetraodontidae 
Ukuran Tangki Minimum : 37 liter 
Pengaturan Tangki : Air Tawar 
Pemeliharaan : 1 akuarium satu ikan

Ikan buntal (Puffer) bisa dibilang ikan yang imut bisa ditemukan di seluruh dunia. Ikan daerah tropis yang memilki beragam warna dan ukuran, setiap spesies ikan buntal memiliki teknik berburu yang khas. Ikan yang terkenal mengandung racun tetrodotoxin yang berbahaya. Semua ikan buntal masuk dalam keluarga Tetraodontidae, ikan yang bisa hidup di perairan laut, payau dan air tawar di seluruh dunia. Ada lebih dari 150 spesies dan hanya sekitar 30 spesies ikan buntal yang bisa hidup di air tawar.

Ikan buntal memiliki kemampuan membusungkan badan sebagai bagian dari pertahanan, saat mengembang tulang belakang akan menonjol keluar dari tubuh sehingga mencegah ikan buntal di mangsa. Selain membusungkan badan ikan buntal juga memiliki pertahanan lain berupa racun tetrodotoxin yang dihasilkan dari mengumpulkan bakteri yang berasal dari makanan di alam liar.
Jika dipelihara di akuarium ikan buntal tidak memiliki racun karena makanan yang di makan sangat berbeda dengan apa yang dimakan ikan di alam liar. Ikan buntal mampu hidup selama 10 tahun di akuarium jika di rawat dengan baik.

Perilaku Khas Ikan Buntal
Meskipun ikan buntal terlihat lucu, sebenarnya ikan sangat agresif dan territorial terutama selama musim kawin. 

Beberapa teknik berburu yang digunakan ikan buntal antara lain :

Pemburu perairan terbuka

Ikan buntal emas dan ikan buntal Amerika Selatan akan berenang di atas substrat berpasir dan berbatu untuk mencari mangsa. 

Predator Stealth

Ikan buntal jambul, ikan buntal kerdil dan ikan buntal kerdil ekor merah lebih memilih teknik berburu dengan cara sembunyi lalu menyerang mangsa di balik baying-bayang. Ikan yang banyak ditemukan di tepian sungai yang banyak ditumbuhi pohon dan tempat yang banyak lokasi persembunyian. 

Ambush Predator

Kelas pemburu ini biasa di sebut predator penyergap seperti ikan buntal kongo, ikan akan menguburkan diri dipasir menunggu ikan mangsa datang dan kemudian ikan akan melompat ke atas untuk menangkap ikan buruan.

Jenis – jenis Ikan Buntal Air Tawar
  • Dwarf puffer (Carinotetraodon travancoricus)
  • Red-tailed dwarf puffer (Carinotetraodon irrubesco) 
  • Crested puffer fish (Carinotetraodon lorteti) 
  • Fahaka Puffer (Tetraodon lineatus) 
  • Imitator puffer (Carinotetraodon imitator) 
  • Golden puffer (Auriglobus modestus) 
  • South American puffer (Colomesus asellus) 
  • Congo puffer (Tetraodon miurus) 
  • Mbu puffer (Tetraodon mbu) 
Makanan Ikan Buntal
Di habitat alami ikan buntal cenderung memakan siput, krustasea, kerang, dan ikan. Sedankan di akurium ikan buntal bisa diberikan makanan berupa daging hidup atau beku dan kering.

Setiap ukuran ikan buntal memiliki porsi makan yang berbeda. 

Spesies kecil (di bawah 2 cm ) diberi makan setiap hari 
Spesies sedang ( 2-4 cm ) diberi makan setiap hari 
Spesies besar ( 4 + cm) diberi makan dua atau tiga kali seminggu.

Gigi ikan buntal perlu juga kalian perhatikan karena gigi ikan buntal akan terus tumbuh. Kalian bisa memberikan pakan seperti kerang, krustasea, dan siput untuk mengontrol pertumbuhan gigi ikan buntal.

Comments

Popular posts from this blog

Ikan Midas cichlid

Midas cichlid Ordo : Perciformes  Keluarga : Cichlidae  Asal : Nikaragua dan Kosta Rika.  Habitat Ikan : Danau, sungai.  Ukuran Ikan : 30 - 35 cm.  Suhu : 21 – 26 °C  pH : 6.0 – 8.0 Ada banyak warna alami ikan Midas cichlid tergantung habitatnya. Ada juga varietas buatan termasuk warna putih, abu-abu, kuning, oranye, merah, dan piebald. Meskipun ikan ini sifatnya agresif, namun tetap menjadi ikan paling popular diantara ikan cichlidophiles. Populasi A. Citrinellus menghuni Danau Apoyo, merupakan danau kawah Vulkanik di Nikaragua dengan spesies baru A. Zaliosus, yang telah menempati danau yang berbeda, sementara populasi Citrinellus menempati di perairan sekitarnya. Makanan Ikan Midas Cichild Berikan ikan makanan berkualitas baik berupa makanan hidup dan beku, seperti cacing tanah, udang (makanan dengan kandungan karoten tinggi sangat baik untuk mencerahkan warna ikan ), bias juga memberikan bahan makanan nabati kacang polong, dan bayam.  Perbedaan I

Jack Dempsey cichlid

Jack Dempsey cichlid Nama spesies : Rocio octofasciata Nama umum : Jack Dempsey  Keluarga : Cichlidae  Urutan : Perciformes  Subordo : Percoidei  Kelas : Actinopterygii (ikan bersirip)  Panjang maksimum : 25,0 cm  Ukuran tangki minimum : 189 liter  Temperamen : Agresif  Makanan : Ikan kecil, kerang, dan cacing. Ikan Jack Dempsey secara alami mempunyai habitat di Meksiko, Honduras, Guatemala dan Belize, ikan yang menghuni perairan hangat dan arus lamban, biasa memakan cacing, krustasea, serangga dan ikan. Jack Dempsey merupakan ikan yang kuat mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Perawatan Ikan Jack Dempsey  Jack Dempsey sangat popular dikarenakan sangat mudah merawat ikan ini, di alam liar ikan ini hidup di perairan dengan pH 7-8 dengan kisaran suhu air 22-30 ° C . Tangki 240 L dengan filter eksternal sangat baik digunakan jika kalian ingin memelihara ikan Jack Dempsey. Berikan juga pasir ke dalam tangki setinggi 5 cm atau bisa juga memas