Skip to main content

Belut Polka Dot Eel (Mastacembelus dayi)

Belut Polka Dot

Tubuh belut poka dot memanjang dengan moncong panjang. Bagian punggung dan sirip dubur menyatu sampai ke sirip ekor. 

Belut polka dot biasanya diimpor dengan ukuran 50.8 cm. Belut dapat hidup sampai 8 - 18 tahun dengan perawatan yang tepat. Warna tubuh secara umum berwarna coklat gelap hingga coklat muda, tubuhnya terdapat bintik-bintik.

Ukuran tangki minimum : 204 liter
Substrat : pasir, kerikil
Pencahayaan : jangan terlalu terlalu terang, bisa juga ditambahkan tanaman air terapung
Suhu : 23.3 - 27.8 C
Ph : 6.0 - 8.0
Wilayah : sebagian besar waktunya didasar akuarium
Makanan : pelet, ikan kecil, cacing, udang

Habitat

Belut polka dot di jelaskan oleh Boulenger pada tahun 1912. Spesies ini bisa ditemukan di Asia di sungai Irrawady dan Chindwin di Myanmar barat dan Thailand timur. Nama lain dari belut ini adalah Polka dot eel dan Spotted spiny eel.

Belut ini mendiami sungai berpasir denhan vegetasi lebat, sering mengubur diri di waktu siang hari di dalam pasir. Ketika malam hari belut akan keluar mencari makan berupa ikan kecil, cacing dan tumbuhan.

Perawatan

Belut polka dot cukup mudah dirawat, dengan makanan yang tidak terlalu sulit. Belut membutuhkan air yang baik, tubuh belut memiliki sisik yang kecil. Sehingga rentan terhadap jamur dan parasit. 

Belut ini sangat sensitif terhadap obat-obatan mengandung tembaga dan harus dihindari. Sebaiknya gantilah air sebanyak 30% tiap minggu dengan membuang sisa makanan yang terdapat diakuarium.

Makanan

Dialam belut polka dot merupakan hewan omnivora jadi kalian bisa memberi pakan berupa ikan kecil, cacing, udang, dan pelet. Belut aktif dimalam hari dan akan memakan pakan yang kalian berikan ketika lampu diakuarium dimatikan. Belut hanya makan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Penyakit

Belut rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur. Penyakit paling umum yang menyerang belut adalah Ich. 

Ich adalah kependekan dari Ichtyophtirius atau penyakit bercak putih, merupakan parasit yang dapat meyerang semua ikan diakuarium. Cara terbaik mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kondisi yang baik, makanan seimbang, dengan itu strees belut akan berkurang dan memBuat lebih sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Ikan Midas cichlid

Midas cichlid Ordo : Perciformes  Keluarga : Cichlidae  Asal : Nikaragua dan Kosta Rika.  Habitat Ikan : Danau, sungai.  Ukuran Ikan : 30 - 35 cm.  Suhu : 21 – 26 °C  pH : 6.0 – 8.0 Ada banyak warna alami ikan Midas cichlid tergantung habitatnya. Ada juga varietas buatan termasuk warna putih, abu-abu, kuning, oranye, merah, dan piebald. Meskipun ikan ini sifatnya agresif, namun tetap menjadi ikan paling popular diantara ikan cichlidophiles. Populasi A. Citrinellus menghuni Danau Apoyo, merupakan danau kawah Vulkanik di Nikaragua dengan spesies baru A. Zaliosus, yang telah menempati danau yang berbeda, sementara populasi Citrinellus menempati di perairan sekitarnya. Makanan Ikan Midas Cichild Berikan ikan makanan berkualitas baik berupa makanan hidup dan beku, seperti cacing tanah, udang (makanan dengan kandungan karoten tinggi sangat baik untuk mencerahkan warna ikan ), bias juga memberikan bahan makanan nabati kacang polong, dan bayam.  Perbedaan I

Jack Dempsey cichlid

Jack Dempsey cichlid Nama spesies : Rocio octofasciata Nama umum : Jack Dempsey  Keluarga : Cichlidae  Urutan : Perciformes  Subordo : Percoidei  Kelas : Actinopterygii (ikan bersirip)  Panjang maksimum : 25,0 cm  Ukuran tangki minimum : 189 liter  Temperamen : Agresif  Makanan : Ikan kecil, kerang, dan cacing. Ikan Jack Dempsey secara alami mempunyai habitat di Meksiko, Honduras, Guatemala dan Belize, ikan yang menghuni perairan hangat dan arus lamban, biasa memakan cacing, krustasea, serangga dan ikan. Jack Dempsey merupakan ikan yang kuat mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Perawatan Ikan Jack Dempsey  Jack Dempsey sangat popular dikarenakan sangat mudah merawat ikan ini, di alam liar ikan ini hidup di perairan dengan pH 7-8 dengan kisaran suhu air 22-30 ° C . Tangki 240 L dengan filter eksternal sangat baik digunakan jika kalian ingin memelihara ikan Jack Dempsey. Berikan juga pasir ke dalam tangki setinggi 5 cm atau bisa juga memas

Ikan Buntal Air Tawar

Ikan Buntal Air Tawar Level Perawatan: Tingkat Lanjut  Temperamen: Agresif  Bentuk Warna: Beragam  Umur: 10 tahun atau lebih  Ukuran Ikan : 2 – 60 cm  Suhu : 23 ° - 25 ° C  pH : 7,0-7,6  Makanan : Omnivora  Keluarga : Tetraodontidae  Ukuran Tangki Minimum : 37 liter  Pengaturan Tangki : Air Tawar  Pemeliharaan : 1 akuarium satu ikan Ikan buntal (Puffer) bisa dibilang ikan yang imut bisa ditemukan di seluruh dunia. Ikan daerah tropis yang memilki beragam warna dan ukuran, setiap spesies ikan buntal memiliki teknik berburu yang khas. Ikan yang terkenal mengandung racun tetrodotoxin yang berbahaya. Semua ikan buntal masuk dalam keluarga Tetraodontidae, ikan yang bisa hidup di perairan laut, payau dan air tawar di seluruh dunia. Ada lebih dari 150 spesies dan hanya sekitar 30 spesies ikan buntal yang bisa hidup di air tawar. Ikan buntal memiliki kemampuan membusungkan badan sebagai bagian dari pertahanan, saat mengembang tulang belakang akan menonjol kelu